Jumat, 22 Januari 2010

(My Photo & Print Work) Gear Pas-pasan dengan Klien Bonafit (Perusahaan Swasta)


"Alhamdullillah ya Allah, dengan "hobby" ini, aku diberi Rezeki"

Company Profile Arion Holding Company th 2010 ( ukuran 20cm x 27cm, isi 32 halaman)
foto 70% by : nickodarwis (30% sisanya dokumen kantor)
desain grafis & printing : nickodarwis


Akhir 2009 kemarin / awal tahun 2010 ini, dapat kerjaan "paket komplit" untuk company profile dan print advertising untuk tahun 2010, dari perusahaan swasta "PT ARION" holding company di Jakarta.

Yang menarik, seringnya saya kalau dapat job cuma stok foto saja, atau plus desain saja.  Saat ini komplit....dari proses motret, desain dan printing...hmmm amin.

Berikut sebagian isi company profile tersebut : ....cekidot !

Cover dengan konsep : Journey Of Arion


Digital Imaging : nickodarwis
Foto : Pak Arion (lokasi Australia) foto kanan "BEFORE"

Awalnya pengajuan supaya kena ke konsep " Journey of Arion" yg pak boss (para direksi) berikan, kita usul foto stok saya yg berjudul "stairway to heaven" , foto dermaga nelayan menuju laut di belitung.
Namun mereka nggak setuju dengan dermaga, karena cikal bakal bisnis warisan orang tua mereka, berawal dari bus Arion, jadi idealnya foto jalan raya. 
Seraya menunjukkan contoh foto jalan raya (foto atas) yg lansung saya iyakan...hehehe...dapet ide sih :)


Berikut sebahagian isi lainnya :
dua halaman dalam 1 desain (kiri dan kanan)



jajaran direksi, konsep "From Generation to Generation", generasi 1 diwakili ibunda mereka (ayah pendiri almarhum) kepada generasi ke 2 (anak kandung)


kantor pusat, mall Arion dan gedung pertemuan


usaha tour & travel Arion
senangnya punya stok foto jalan-jalan saya, ke bali, yogya & LN...bisa kepakai...hehehe



usaha hotel Cikopo, Puncak, Jawa Barat dan Arion Swiss-Belhotel, Bandung


usaha rental mobil mewah, dan original bisnis (BUS ARION)


sebagian materi foto :
Karena pertimbangan, kerjaan ini saya yg buat semua, tanpa birokrasi agensi dan pihak lain, dan dicetak ukuran kertas A4, jadi saya menerapkan project saya dari awal tahun 2009.  Dengan "gear pas-pasan" didukung skill yg ada serta alat pendukung lainnya terutama ligthing dll, maka saya mengunakan :

Kamera : low level Nikon D40 (6 megapixel / 6 MP).
kamera Nikon D300 (12 MP) sementara disimpan untuk pekerjaan billboard yg medianya lebih besar.

Lensa : Nikon 18-200mm, Nikon 105mm dan Sigma 10-20mm

Alat lainnya : mayoritas (2 sd 3bh) ligthing Jumbo 100w, ligthing TR 250w satu buah, soft box dan filter color light, tripod, flash Nikon SB 800, flash Tronic s1900, filter lensa ND, gradual ND, Gradual Blue, wireless trigger dan software photoshop.


Dengan gear tersebut diatas saya yakin bisa...insyaallah :)


berikut sebagian hasilnya :

Unit usaha karoseri
kamera Nikon D40

pakai strobist flash Tronic s1900 dua buah, dan flash Nikon SB 800 sebagai filllight dan trigger juga dan lensa Sigma 10-20mm


ini juga...




Unit Usaha Air mineral di Sumatera :

pak boss setuju konsep water freezee.
kamera Nikon D40 bisa speed tinggi loh pakai studio lighthing murmer.



karena punya aquarium kecil, maka motret dibagi dua, dgn bg putih foto cipratan air
pakai "lighting paket trio macan"
... splashhhhh !!!!
lensa Nikon 105mm
dalam setting ligthing yg senada, saya foto galon air mineralnya




dengan mudah dan cepat saya gabung ke 2 foto tersebut di photoshop...hehehe





Unit usaha mall Arion :
kamera Nikon D40

pakai tripod, lensa Sigma 10-20mm, plus filter ND, digabung gradual ND atau gradual blue (lupa..hehehe banyak eksplore sih)




Unit usaha hotel :
kamera Nikon D40

Cikopo Hotel, Puncak, Jawa Barat

cottage....pakai tripod, lensa Sigma 10-20mm, plus filter ND


hotel room...pakai ligthing Jumbo 100w satu buah, tripod, lensa Sigma 10-20mm, plus filter ND



cafe indoor.....pakai tripod, lensa Sigma 10-20mm, plus filter ND



cafe outdoor.....indahnya...pakai tripod, lensa Nikon 105mm, plus filter ND




Arion Swiss-Belhotel, Bandung.

Barnya keren...pakai tripod, lensa Sigma 10-20mm, plus filter ND


Stok foto saya, saat motret cover girl, majalah komunitas penerbangan, di Stanford Arm bar, Grand Kemang Hotel, Jakarta.
Pakai "paket lighting best value 250w" 2 titik, plus softbox 90x90cm dan filter kuning.  Lensa Nikon 105mm




Hotel Food & Drink
Pakai lighting 250w 1 buah, dgn softbox 90x90cm



suite room.....pakai ligthing Jumbo 100w satu buah



resepsionis "mendadak model" hehehe...
available light dgn lensa Sigma 10-20mm




Studio on Location :
Kamera Nikon D40


test ligthing dengan model sekretaris direksi...hehehehe
Karena dipakai 2 titik lampu 100w..jadi masuk kategori paket
"ligthing murmergus", lensa Nikon 18-200mm



pak boss...jajaran direksi...Karena dipakai 2 titik lampu 100w..jadi masuk kategori paket "ligthing murmergus", lensa Nikon 18-200mm



Komisaris dan direksi "From generation to Generation"
Karena dipakai 2 titik lampu 100w..jadi masuk kategori paket "ligthing murmergus", lensa Nikon 18-200mm



behind the scene :


pakai paket ligthing "trio macan" tronic 100w 3 titik, namun light standnya yg standar semua.


sempat "dead lock"
...akibat muncul problem tehnis ?

karena motret model ini untuk billboard besar ( 8m x 3.5m). Hasil nanya ke partner cetak saya, "minimal file printingnya 8 MP untuk hasil bagus dan tajam" katanya yakin.
Atas dasar itu, maka kamera Nikon D300 (12 MP) saya bawa dan kamera back up nya, Nikon D40 (6 MP).  Sementara lensa Nikon 18-200mm yg saya pakai.
Pemotretan berlangsung dikantor pusat Arion Jkt, pada meeting roomnya,
skenario yg saya buat, pemotretan jajaran direksi dulu, kemudian dilanjut model untuk print ad. billboard.

Ketika Nikon D300 saya hidupkan..ehhh baterainya habis ??
masyaallah....pemotretan mau mulai ? dengan sigap saya pakai kamera back up Nikon D40..motret direksi mantap nih, karena print out mereka cuma sebesar kertas A4....
saya lanjut motret, nyuruh crew ambil charger kamera Nikon D300...."nggak ada boss" katanya....????
langsung dead lock saya !!!! keringat keluar segede jagung....hehehe...
namun mesti menerapkan "manajemen krisis"...tetap tenang walau "awan kelabu" menyelimuti jiwa saya....bismillah saja.


Sessi kedua, motret model saya pakai Nikon D40, sambil dalam hati ingat partner cetak gue bilang..minimal 8 MP ?? kamera Nikon D40 cuma 6 MP ??
blank spot terjadi....sampai dirumah gue lupa juga untuk nge-set ke RAW Nikon D40 saat motretnya.
..hwarakadahhh

Kemudian, dihari selanjutnya, saya coba keluarin ilmu lobby, untuk usul ulang pemotretan modelnya saja...alasan kostumnya coba yg lain...yg lebih glamour
terntata GAGAL, alasannya budget mungkin ?, pak boss
pengennya yg sudah ada saja di bereskan...hehehehe...


Outdoor Printing (billboard) :
Di studio rumah, saya buka file pemotretan tersebut...


print capture Nikon D40...JPEG size : 2.1 MB...dimensi foto 2.000 x 3.008




Pemotretan tidak ada crop factor...full image ambilnya...pas dilihat image sizenya cuma 2,1 MP...waduh...ini karena lupa set ke RAW pas motret, pakainya cuma large JPG
Saya buka photoshop...naikin image size 2 kali lipat...sharpness sepantasnya, dengan tetap memperhatikan ketajaman jangan sampai pecah....mentok sudah di 4MP.....target mesti lebih dari 8MP ?? (cetak size 8m x 3,5m) sesuai rekan cetak saya kasih batasan.
Selanjutnya rambutnya saya gambar diphotoshop pakai wacom graphic tablet pen (pengganti mouse) hehehe

Setelah selesai saya mendesain lay out dan ketikan...saya save file...Alhamdullilah file sizenya total 16 MP...jauh dari batas minimal yg diberikan rekan cetak billboard saya....amin :)




Lokasi pemasangan diatas bukit, samping jalan raya puncak depan hotel cikopo yg ukuran 8mx3,5m....billboard lainnya diseputar jalan puncak dipasangnya.


Job lainnya :
Indoor printing (wallpaper) pada dinding luar unit bisnis Tour Travel didalam Mall Arion Jkt

5,25m x 2,2m

Fotografi & Desain Grafis : nickodarwis
disamping karya foto dan imaging dalam company profile, terdapat stok foto lanscape belitung dan bali gue pakai mengisi desain indoor printing ini, yg akan ditempel didinding kantor tour & travel tersebul didalam mall Arion.


Kesimpulan :
1. Jangan kuatir jika memiliki gear dan peralatan pendukung pas-pasan untuk ekspansi kerja.  yang penting hasil akhir jangan sampai kecewa buyer.
2.  Problem saat kerja, harus disikapi dengan tenang dan kreatif.
3. Mendalami Ligthing studio sangat membantu untuk mengeluarkan detail gambar dan ketajaman.
4. Penguasaan photoshop, ilustrator sangat mendukung karir fotografi saat ini.
5. Sujud syukur, jika hobby menjadi penghasilan terbesar bagi hidup kita...raihlah !
6. Life is Beautifull.



diskusi hal sama di forum fotografer.net

nb :
...  benang merahnya  ...

"message dari jurnal ini, lebih kemasalah keyakinan dan kemampuan,
agak bersifat idealisme memang".


"dan idealis tersebut kalah/mengalah dengan struktur,"
"ketika idealisme dapat menyelaraskan dgn struktur tsb, dalam tatanan masyrakat yg ada, kelompok sosial, bahkan kontrak kerja."
"Jika kedua hal tersebut dapat berjalan seiring, dan tidak ada pihak yg dirugikan...
enjoy & feel free akhirnya:)
".


by : nickodarwis

36 komentar:

  1. very inspiring..
    thanx for sharing..
    :)

    BalasHapus
  2. wah selamat ya... yup.. inspiring.. terima kasih sharing-nya.. :)

    BalasHapus
  3. wow..seru bacanya... makasih sdh mau sharing.. tx jg buat tips nya.
    salam.

    BalasHapus
  4. tx all bro....lumayan awal tahun ada aktivitas seru....songsong esok dgn semangat... :)

    BalasHapus
  5. wah.. hebat nih bro.. biar panik tapi tetep tenang.. sukses terus ya Nick..
    Salam dari Perancis yg lagi dingin..

    BalasHapus
  6. @ susy tx ya.....
    loh kok sama Jkt juga dingin dan hujan yg nyaris banjir...hehehhe

    BalasHapus
  7. saluut bro Nicko .. pantes dah ngga tetanggaan lagi di TTV :) orderannya kenceng bgt nech :)

    BalasHapus
  8. @ enigma & irvan...tx brader...hehehe

    BalasHapus
  9. broooh, masih ada kan no kontak gw..? kok gag manggil seh..? mayan kan buat angkat2 light stand ;-)

    *tfs yaaa...

    BalasHapus
  10. thx udah sharing ya 0om..... very2 inspiring.....

    BalasHapus
  11. @ ajie, septi, spidol?,...& prayuda...tx all bro, enjoy :)
    @ bro ivan hehehe, masak angkat stand? lah wong gue juga pengen diajak ama lu, candid dan set light aja hehehe, angkat2 kan ada crew1 ? baik dari gue or lu hehehe
    bateran undangan candid yuk hehehehe, tx bro :)

    BalasHapus
  12. Wahhhh...makasi banyak om buat sharingnya.....jadi terinspirasi....salut om !!!

    BalasHapus
  13. u wellcome adit & dik...enjoy :)

    BalasHapus
  14. innspirasi yg hebat..!!!
    selama ini gw juga pake D40 untuk job wedding & Pre wedding ....yg meneurut gw harga jual juga bukan murahan....
    mas Niko thx bgt ya......ga pelit ilmu rezeki lancar trus...
    btw kalo di bantu Zoom pixel bisa juga gak ya...

    BalasHapus
  15. i1...apa tuh zoom pixel ??
    pokoknya dicoba saja bro...sesuai kesimpulan point 2, 3 dan 4... :)

    BalasHapus
  16. Seru om Nicko, thanks udah sharing

    BalasHapus
  17. great share bro..very inspiring :D

    BalasHapus
  18. @ andri & torudio...tx bro....enjoy :)

    BalasHapus
  19. trims atas ilmunya . . . . menarik mas

    BalasHapus
  20. thxs suhu nicko atas petunjuknya...

    BalasHapus
  21. ok kak zulfa
    weeeiittt bro muller, sang juara foto tronic tahun ini. mantap :D

    BalasHapus
  22. Hasil yang diserahkan ke klien berupa cetakan jadi atau hanya berupa file digital saja mas?

    BalasHapus
  23. yg diserahkan file dan hasil cetakan jadi mas kuro
    kan sudah ditulis diatas, foto, desain & printing by :

    BalasHapus
  24. Keren banget bang.
    bisa jadi inspirasi nih :)
    salam kenal dari Bambang Herlandi di Balikpapan.

    BalasHapus
  25. wah saya inspirasi bgt, saya baru bljar pas bgt jg makai kamera nikon d40 bekas :)

    BalasHapus