Kamis, 01 Mei 2008

(SHARE) Nikon D60 dgn modul baru"electronic rangefinder"nya utk fokus pakai lensa manual

Berawal dari saya mau cari kamera back up....ngeliat Nikon D60..displaynya dgn Lensa 50 fix f/1,4...nah looo?...setahu saya Nikon D60 kan tidak memiliki motor autofocus dalam body....

pas saya coba search dihalaman 5 dp review d60...ada "focusing screen"...kalo kamera "jadul" ada bulat tengah yg di atur untuk focus manual. nah d60 ada metering focus manual, pengganti focusing screen dgn bentuk metering. wah menarik?....
katanya dpreview "As mentioned above the D60 adds an (optional) electronic rangefinder for shooting with lenses that do not offer autofocus on the D60 (non-AFS lenses) or when using manual focus. The display uses the exposure meter to show how far you are behind or in front of the correct focus distance for the focus point selected (which is indicated with a red glow).

Akhirnya saya buka tread untuk diskusi di forum FN, biar dapat banyak masukan.

http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=3193783883&p=1

Kenapa saya tertarik modul baru Nikon D60 "electronic rangefinder"nya utk fokus pakai lensa manual ?


kadang kita ingin merasakan focus lensa pada putaran tangan kita....srrrtt...srrrttt....bukan pencet setengah shutter langsung focus dan tajem...langsung jepret...btw dirasa diputar sendiri moncong lensa pakai tangan kita, begitu juga bagi yg punya lensa manual...tanpa ada motor focus dilensa....pada jaman kamera analog ada focusing screen. jaman digital ini tidak ada lagi...nah DSLR diadakan kembali dgn memasang focusing screen tsb....
tujuannya :
1. agar lensa manual lama yg dikoleksi bisa dipakai lagi.
2. kebiasaan lama yg ingin dilestarikan, mefocus manual pakai tangan.
3. memvariasikan kecepatan focus, yg terkadang karena cahaya minimal...autofocus kurang berkerja dgn cepat.

Setelah baca/diskusi tsb sampai halaman kedua treadnya, dan search kelainnya
akhirnya saya beli nikon D60 tgl 23/4/08
dgn pertimbangan:

1. cocok untuk kamera backup (bahkan bisa untuk kamera utama) body yg mungil dan tone yg wah.

2. electronic rangefindernya presisi, dan mantap. dgn "range finder" on, kita nggak perlu mengira seperti banyak sob-sob pake lensa Manual Focus di DSLR selain Nikon D60....mata bisa "juling atau jereng", karena dipojok kanan bawah frame ada lampu hijau yg berkedip (indikator focus).....sebentar-bentar melirik, tanpa tahu udah dekat ke focus apa belum, malah sering lewat..
..cape dehhh

nah ini foto, didalam view finder Nikon D60, terlihat metering "range finder" yg menganti metering eksposure (putar fokus sampai pas di titik nol).....enak diikuti mata, easy to
following...presisi dan tajam jadinya. Seperti melihat metering eksposure (putar speed or daun framha sampai pas di titik nol)


cara aktifkan "rangefinder":

- buka setup menu, pilih CSM/setup menu, pilih FULL.
- buka custom setting menu, pilih rangefinder.
- saya coba pakai lensa nikkor af 50mm f 1.8 D (tidak ada motor focus dibody lensa, kebetulan drat manual focusnya sekarang kurang licin...lumayan nggak "bablas"...dulu waktu baru beli, drat ring focusnya licin, Now karena berumur, jadi "seret" ) manual focus bekerja dgn BAIK dan SANGAT PRESISI. ditombol selain manual (M), dan bekerja dgn baik pada tombol P (program),S (speed priority), A (apperture priority), auto, dan program lainnya (macro, potrait, lanscape, off flash, nightshoot dll).

rangefinder bekerja jika metering eksposure di matikan dgn cara diatas. rubah tombol/menu untuk mematikan metering eksposure, untuk di "replace" outomaris dgn rangefinder.

pas dicoba ke lensa 18-55 kit (BISA manual), nikkor 105 fix VR f 2,8 (BISA manual), dan sigma 10-20 hsm (BISA manual)...asik deh....beda dgn d40 dan d40x.

3. Dlighting atau dinamic rangenya bisa on. di d40 dan d40x masuk menu edit. di d60 bisa langsung. sehingga foto dalam highlght-middletone-shadow lebih seimbang. bergradasi dgn baik.

4. iso tinggi diatas 1.000....halus dan terkendali (kalo ini sama dgn d40/x).

Test : Iso di 1.600....hehehe nggak 'tambang pasir"...sekarang seri Nikon "tambang tepung halus", bening...nggak grainy  sedikit contoh foto hasil Nikon D60 (manual "rangefinder" pakai nikkor af 50mm f 1.8 D (tidak ada motor focus dibody lensa), obyek bergerak dan diam, iso tinggi < 1.000....handling mantap dan metering tepat, mudah dan cepat.

foto anak gue dimandiin mamanya (kiri)....dalam rumah "window light"....dan kanan focus pada mata, di dalam kelasnya di TK...



Lensa "jadul" pre AI dan AI, katanya "rangefinder" Nikon D60 tidak bekerja, yg bisa katanya seri AI-S (minimal) dan max ya lensa baru...Rangefinder bekerja dgn baik....pengen coba AI-S btw nggak punya tongue....yg ada gw CPU lens...HSM dan VR (asiknya bisa dimanualin juga).

dan mengkutip bang harlim (2008 FN), "lensa manual focus betul kita kontrol dengan mata kita sehingga kita bisa ambil keputusan nilai toleransi yg kita inginkan.

bagaimana dengan lensa auto focus , benda yg digerak oleh sebuah motor dengan kecepatan cukup cepat akan selalu ada backslash. backslash inilah yg sulit kita kontrol ".
katanya cepat & tepat.

Apa katanya "backslash" :
"Coba kebut mobil anda , lalu rem mendadak , sebelum mobil tersebut berhenti akan selalu ada gerakan maju dulu lalu tersentak kebelakang dan tersentak kedepan lagi baru berhenti total".
happy

18 komentar:

  1. jangan jangan lensa belimbing masih bisa dipakai juga disini mas?

    BalasHapus
  2. Infonya tob banget neh Nick... jd kepingin punya D60 hhihiih

    BalasHapus
  3. hooo....akhirnya ke-beli juga yak....salut2...btw klo dah oprek upload yak hasilx....
    d200 - d60 = kantong untung, bathin puassssss;))

    BalasHapus
  4. @ ka2ka...tx juga :)
    @ bang hsg...punya lensa jadul? pinjemmmmm
    @ roy (ryuhanawa) bisa aja....ini tuk newbe like me :P
    @ bang hah082....hehehhe iya untung dan bahtin puas :)
    sekarang D40, D40x dan D60 seri nikon kecil mungil bagus, gw punya semua.....hehehehe.

    BalasHapus
  5. Aku juga loh Nick... masih bloon neh gw... paling bloon soal metering... hiihhihi...

    BalasHapus
  6. bang roy (ryuhanawa) bisa aja....huahuahuahua

    BalasHapus
  7. Yah... wakakaka ... dia kaga percaya...
    Serius nih ikke... metering masih bloonski :D

    BalasHapus
  8. 4 jempol tuk bung nico
    anda menjadi inspirasi saya.. ck ck ck hebat

    BalasHapus
  9. bang roy (ryuhanawa) kapan kita ketemuan lagi? ada pembicaraan nih :P

    tx juga riko00

    i1photo...tx...yah mencoba terus "mengasah otak" dgn bikin yg beginian (newbe)

    BalasHapus
  10. ditunggu...

    telp jg stand by bos :)

    apa yg bisa newbie ini bantu? :)

    BalasHapus
  11. istilah nya bro

    "cucuk cabut"

    huahuahuahua

    BalasHapus
  12. makasi sharringnya kakak .... kayaknya D60 boleh dibeli nich buat backup , sambil nungguin D300 terjun bebas lagi ... hahahaha
    kangen motoin non IR juga nich

    BalasHapus
  13. wee bang fuyung (yhoenx) bisa aja...hehehehe....
    anyway by the way busway.

    gw sempat beberapa bulan lalu beli d300 (sebelum focus 08), baru sempet pake di job sekali, saudara gw mo beli, gw jual aja ke dia harga gw beli...hehehehe profit taking.

    nah karena saudara, bisa minjem dong nantinya. Nanti gw beli lagi pas harga d300 turun mentok...huahuahuahua

    BalasHapus
  14. wah, mas Nicko. Thx bgt nih buat infonya. keetulan juga lagi megang kameranya (dengan lensa 50mm f/1.8 Ai-s). Tapi kok saya rangefinder meternya gak keluar yah om? saya sudah coba ganti ke lensa KIT malah keluar. Begitu balik lagi ke lensa Ai-S malah gak bisa. need suggest nih. thx yah.

    BalasHapus