Kamis, 22 November 2007

indoor fotografi dengan speed tinggi ? foto 1/2 gelap.


http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=548340
pake lighting dengan speed kamera tinggi hasil foto jadi 1/2 gelap? seperti foto disamping....berikut ada sharingnya di fotografer.net (link diatas).
Pertama coba cek batas max flash snycro di kamera anda ?
caranya nyalakan kamera, buka pop up flash / internal flash...maksimumkan putaran speed kamera anda ?. Mentok diangka tertentu ?, itulah flash syncro kamera anda.
kalo kamera gw Fuji S3 pro 1/180...weleh...lemot...kalo speed diatas 1/250...sering foto 1/2 gelap. (btw tetap gw keep nih kamera, untuk skin tone mantap) dan disamping itu....

karena dalam hukum studio (sumber cahaya dari ligthing), pemotretan sering di pakai speed 1/60 s/d 1/200, untuk speed di rentang 1/30 s/d 1/500 tidak ada pengaruh cahaya ? kenapa ?
karena flash duration ligthing sudah tinggi (bawaan pabrik) 1/800 s/d 1/5.000 tergantung merk dan jenis ligthingnya.
jadi jika kamera di set low speed dibawah 1/30 speednya…dan matikan lampu gelap distudio…shutter !…obyek yg cepat dapat anda freeze !…karena lighting dg flash durationnya yg rata-rata 1/800 ke atas, yg membekukan obyek tersebut.

Makanya variable speed dalam kamera kurang popular dipakai dalam rumus lighting….sedikit pengaruhnya, karena ada campur tangan speednya cahaya lighting.

ingat rumus Guide Number (kekuatan cahaya)
GN dibagi Diagfrahma Camera, menghasilkan kekuatan cahaya lighting maximum.

dalam pemotretan studio, yg sangat berpengaruh kpd hasil cahayanya itu adalah diagfrahma dan ISO

kecuali untuk kebutuhan highspeed fotografi dan foto outdoor cuaca panas terik (menyeimbangkan cahaya yg kuat tersebut)

kamera gw Nikon D70s speed 1/500 sd 1/2.000 saat main ligthing murmer...mantap...bisa highspeed fotografi di studio...bisa nge freeze cipratan air...spalsh !
dan saat ini gue koleksi Nikon D40 dan Nikon D50 (Nikon D70s dioprek IR hehehe)

ini hasilnya: "Spalsh Tail"
http://nickodarwis.multiply.com/photos/photo/2/3

kamera dgn karakter sama, yg gue tahu ( berhub. gue nikon mania berbudget pas :P ) flash syncro pada kamera yg sanggup untuk foto high speed di studio (kelas new entry) Nikon D70, D70s, D50 dan D40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar